Senin, 21 November 2016

Cara membudidayakan Ayam Jamu



BUDIDAYA AYAM JAMU

TEMPO.CO, Metro - Warga Metro, Lampung, ramai-ramai mengembangbiakkan ayam jamu, ayam potong yang diberi pakan khusus. Model beternak ini diklaim sehat karena kandungan lemak dalam dagingnya rendah dan tidak terpapar residu bahan kimia.
A.    Cara membudidayakan Ayam Jamu
Cara budidaya ayam jamu ternyata tidak sulit. Menurut ketua kelompok peternak Berkat Usaha Bersama, Yulius Wahyu Hidayanto, pemeliharaan ayam jamu mirip dengan ayam biasa. Perbedaan terletak pada jenis pakan dan minuman. "Kami memberikan jamu-jamuan, satu hari tiga kali," katanya dalam sosialisasi pengelolaan ayam probiotik.

Jamu-jamuan diberikan dalam bentuk minuman dan makanan padat. Yulianus mencontohkan,
beberapa bahan yang di perlukan berupa :
1.    beras atau bekatul

2.    sekam,

3.    waring, atau lempuyang.

4.     air bersih




5.     Sambiloto atau empedu tanah


6.    susu. 

Cara penyajiannya :
Untuk makanan/pakan jamu :
Bekatul di campurkan dengan sekam , waring/lempuyang  (yang sudah di haluskan), selanjutnya buat semua merata bisa dengan cara di aduk pakai tangan atau dengan cara anda sendiri .
Dan untuk minuman energy :
Pertama Haluskan lempuyang/waring dan sambilito dan ambil saripatinya dengan cara memerasnya anda bias menggunakan dengan ide anda sendiri untuk memerasnya dan campurkan dengan air susu bisa menggunakan susu sapi  .

CATATAN : Untuk minuman energy itu bisa di berikan setelah 35 hari di hitung dari hari pertama pemberian pakan jamu

"Selama enam tahun kami menjalankan usaha ini, tidak ada ayam yang keracunan dengan pakan ini," ujarnya.
Yulianus mengatakan volume jamu yang diberikan, terutama untuk minuman, bergantung pada umur ayam. Semakin besar ayam, pakan dan minuman jamunya semakin banyak. Masa pemeliharaan ayam hingga siap potong mencapai 35 hari. Bibit ayam didapatkan dari tempat peternakan broiler. "Tapi pilih yang sudah melalui proses rekayasa genetika."

Ihwal kandang, para peternak ayam jamu memilih sistem postal atau ruangan tertutup beralas tanah dengan lapisan merang atau bahan lain yang bisa menyerap air. Yulianus mengatakan peternak tidak diperbolehkan menggunakan sistem panggung agar kotoran ayam tak menjadi santapan lalat dan membuat area peternakan tercemar. Dengan sistem postal, kandang terbebas dari bau kotoran bahkan hingga radius kurang dari 5 meter. 

Peternakan ayam jamu saat ini terpusat di Kota Metro, Lampung, tepatnya di Desa Yosomulyo. Para peternak di sana kebanyakan buruh lepas, preman, dan pengangguran yang akhirnya dipandu untuk mempelajari pemeliharaan ayam jamu. "Semua dilakukan swadaya, tanpa bantuan pemerintah," kata Yulius.

1 komentar:

  1. Merkur | Official Site of Merkur | XnXn
    Merkur 바카라 사이트 is the official online casino of 메리트 카지노 Merkur. The Merkur brand is a one-of-a-kind, traditional wet shaving brand and offers a variety of wet 메리트 카지노 쿠폰 shaving products for

    BalasHapus