Selasa, 22 November 2016

CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT HEMAT LAHAN


Cara Bercocok Tanam Buah Naga di Pot

A.    Deskripsi singkat tentang Buah Naga

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah Buah dari berbagai jenis kaktus-kaktusan dari marha Hylocereus  dan Selenicereus. Tepeatnya, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun , seiring dengan khasiat buah naga yang makin terkenal, buah ini sekarang juga di budidayakan di Negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia. Dan buah ini juga dapat di temui di Okinawa(Jepang), Israel, Australia Utara dan Tiongkok Selatan.

Pada tahun 1870 tanaman ini di bawa orang francis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Menurut orang Vietnam dan orang China, buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu buah naga ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Dari kebiasaan ini lah buah itu di kalangan Vietnam yang sangat terpengaruh budaya China di kenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah thang loy kemudian di terjemahkan di Eropa dan Negara lain yang berbahasa inggris sebagai Dragon fruit (buah naga).

Memiliki rasa yang manis dan kaya akan manfaat membuat buah naga menjadi salah satu buah favorit masyarakat. Memiliki kulit berbentuk seperti sisik dan berwarna merah membuat penampilan buah naga sedikit mencolok dibanding buah lainnya. Namun, anda jangan tertipu dengan penampilan seperti itu, dibalik penampilan “unik” nya, tersimpan kandungan nutrisi tinggi seperti Vitamin, Serat, Fosfor, Air dan Kalsium. Nutrisi ini dapat berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit, seperti Kanker,Diabetes, dll.


via: lifelovefruit.com
Selain dapat mencegah berbagai penyakit, buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol. Faktor inilah yang kemudian membuat permintaan buah naga sangat besar.
B.     Mempunyai Prospek Peluang Usaha yang Sangat Bagus
Tak ada ruginya untuk mencoba menanam buah naga, selain bisa dijual, anda juga bisa mengkonsumsinya bersama keluarga. Mungkin anda mengira untuk menanam buah naga membutuhkan lahan berhektar-hektar. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, karena para petani buah naga memang menggunakan lahan seluas itu. Namun anda tidak perlu khawatir karena buah naga dapat anda tanam di lahan pekarangan hanya dengan bermodalkan pot. Sekarang menanam buah naga dengan pot menjadi trend tersendiri bagi para penghobi.
jika anda ingin menikmati buah naga secara gratis, atau menanmnya dalam jumlah yang kecil. Itu mudah saja… anda bisa saja menanamnya dipot. Selain anda bisa menikmati buahnya, buah naga ini juga akan menghiasi rumah nada. Kelebihan yang lain adalah tanaman ini bisa anda pindah-pindah sesuai keinginan anda.

C.    Cara menanam di dalam Pot

1.      Menyiapkan Pot
Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan Semen, Plastic, Tanah Liat, atau Drum bekas yang di potong .anda juga bias menggunakan bahan lainnya sesuai kreasi atau yang di butuhkan anda dan tanaman tersebut . Tapi menurut pengalaman saya Pot dari Tanah Liat  adalah yang paling ideal karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malamdalam proses pembungaan. Ukuran pot yang di gunakan semakin besar semakin baik minimal berdiameter sekitar 40 cm.


2.      Menyiapkan Tiang Panjat

Sebaiknya tiang panjatan di buat dari besi beton berdiameter 8-10cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama kerena usia buah naga yang bias mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang 150-200 cm di sesuaikan dengan besar pot. Pada bagian bawah tiang di beri kaki-kaki penguat agar nantinya bias kuat dan tidak mudah goyah.untuk tiang dari besi beton bagian yang terpendam di dalam tanah bisa diberi aspal untuk menghindari Karat. Untuk untuk bagian atas tiang di beri piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang.


3.      Media Tanam

Setelah pot dan tiang panjatan sudah selesai disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Bahan-bahannya adalah
a.       Pasir

b.      Tanah

c.       pupuk kandang

d.      kompos 

kemudian campurkan 4 bahan di atas dengan perbandingan  2:1:3:1. Anda juga bias menambahkan
e.       Bubuk batu bata merah secukupnya 

f.       Dan dolomite (kapur pertanian) sebanyak 100gr


di campur rata dengan bahan-bahan tersebut kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

4.      Penanam Bibit


Menanam bibit buah naga itu gampang-gampang sulit. Menanam buah naga sebaiknya menggunakan metode stek. Anda harus mempelajari cara menanam dalam pot dengan benar agar tanaman tersebut tidak mati karena kesalahan teknik penanaman. Anda bias memilih batang buah naga yang sudah tua dan memiliki kualitas yang bagus. Utamakan batang yang sudah memiliki tunas.
Potong batang buah naga dengan panjang 40-50cm. lebih pendek tidak masalah yang penting sudah memiliki tunas. Semakin panjang batang maka pertumbuhan buah naga akan semakin baik. Pilih batang yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit.
Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah di tanam media tanam di tekan-tekan agar bibir tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka tidak ternaungi yangterkena sinar matahari langsung.

5.      Pemiliharaan tanaman pohon Buah Naga

Ada eberapa langkah yang harus anda lakukan agar buah naga dapat panen dengan sempurna diantaranya adalah :
Ø  Lakukan pemupukan secara teratur, berikan pupuk alami agar anda mendapatkan buah naga yang benar-benar menyehatkan. Berikan pupuk yang mengandung Nitrogen,Fosfor dan Kalium.
Catatan : Hindari pupuk urea karena dapat membusukkan batang.

Ø  Siram buah naga secara teratur 3x sehari dimusim kering atau di sesuaikan dengan kondisi tanah. Kurangi penyiraman jika pohon buah naga sudah mulai berbuah. Ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan tunas baru sehingga buah dapat tumbuh dengan maksimal.

Ø  Lakukan pemangkasanpada tangkai pohon buah naga dengan menyisakan tangkai yang diperlukan sebagai tempat buah saja. Pastikan juga agar tiang panjat tetaplah kokoh jika mulai goyah anda bias mengikatnya dengan tali.

Ø  Buah naga baru bias di panen sekitar 10-12 bulan tergantung dari kualitas tanam. Buah yang sudah siap panen memiliki warna merah tanpa warna hijau.


D.    Masalah yang Sering Terjadi Saat Menanam Buah Naga

Setiap budidaya tanaman memang selalu ada hambatan atau masalah yang terjadi,baik dari proses menanam hingga perawatan saat terjadi pembuahan. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi saat menanam buah naga dan cara mengatasinya. 

  • Tunas atau batang buah naga pertumbuhannya lambat dan lama.
  • Buah naga lama berbuah.
  • Buah naga berbunga tapi tidak pernah jadi buah.
  • Saat berbuah selalu gagal karena busuk dan gugur.
E.     Cara Pemupukan Agar Tunas Buah Naga Cepat Tumbuh dan Panjang

Untuk mempercepat proses tumbuhnya tunas buah naga, maka pemukupan harus Anda lakukan. Jika Anda menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang, maka pupuk yang tepat adalah pupuk dari kotoran ayam.
Namun jika Anda menggunakan pupuk kemasan, sebaiknya pilihlah yang mengandung unsur N lebih tinggi dari pada P dan K.

F.     Cara Pemupukan Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Pemupukan ini bisa Anda lakukan ketika buah naga sudah tumbuh dewasa. Jika Anda menggunakan pupuk kandang, maka pupuk yang tepat adalah pupuk dari kotoran kambing. Atau jika menggunakan pupuk kemasan, carilah pupuk yang memiliki unsu P lebih tinggi dari pada N.

G.    Cara Mengatasi Buah Naga yang Gagal Berbuah
Buah naga membutuhkan penyerbukan agar bunga dapat berbuah. Jika tidak ada lebah penyerbukan bunga, maka penyerbukan manual harus dilakukan dengan cara mengawinkan bunga buah naga. Sedangkan untuk mengatasi busuk dan gugur pada bunga, maka dapat diberikan KNO3 saat mulai muncul bakal bunga.

H.    Gunakan Pupuk Kandang yang Kering
Untuk penggunaan pupuk kandang, sebaiknya gunakan pupuk kandang yang telah kering atau matang. Akan lebih baik lagi jika difermentasi lebih dulu.

Selesai selamat mencoba dan semoga berhasil, Salam Sukses bagi yang membuka usaha ini.semoga bermanfaat  Keep Spirit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar